TENCEL™ LYOCELL DAN TENCEL™ MODAL Itu apa sih?

Pasti kamu pernah dengar atau baca produk yang terbuat dari TENCEL™ Lyocell atau TENCEL ™ Modal, bukan? Atau kamu sering lihat di label produk yang pernah kamu gunakan sebelumnya.
Perlu kamu ketahui bahwa TENCEL™ merupakan nama brand atau merek dari jenis bahan kain. TENCEL™ memiliki beberapa ragam serat kain salah duanya adalah Lyocell dan Modal. Lalu bedanya apa sih dari dua serat kain yang berasal dari merek yang sama ini? Nah, artikel ini akan coba membahas mengenai persamaan dan perbedaan dari TENCEL™ Lyocell dengan TENCEL™ Modal sehingga kamu dapat dengan tepat memutuskan menggunakan baju tidur dengan bahan seperti apa baiknya.


KESAMAAN TENCEL™ LYOCELL DAN MODALMengingat Lyocell dan Modal merupakan serat kain yang diproduksi dibawah naungan TENCEL™ pastinya banyak kesamaannya, dong. Sebagian besar produk yang terbuat dari bahan TENCEL™ Lenzing biasanya dikenal dengan tekstur dan sirkulasi udara yang berkualitas tinggi. Makanya kamu sering banget ngenalin serat kain yang halus banget sudah pasti dari TENCEL™, bukan?

Nah, yang jadi bedanya itu adalah kalau Lyocell ini merupakan serat kain baru yang diproduksi menggunakan teknologi REFIBRA™, sehingga meningkatkan keberlanjutan seratnya yang bersifat biodegradable (ramah terhadap alam).

 

  • Baik TENCEL™ Lyocell dan Modal itu Highly Breathable


Karena Lyocell dan Modal fiber merupakan kain yang diproduksi dalam satu merek, sudah pasti memiliki banyak kesamaan yang sama, sudah pastinya kedua serat kain ini memiliki proses sirkulasi udara yang tinggi, sehingga membuat penggunanya merasa nyaman dan dingin. Mengingat kelembapan dan suhu yang tinggi di Indonesia, TENCEL™ Lyocell dan TENCEL™ Modal akan memberikan dampak yang besar pada kualitas tidur Anda.

  • Kedua Serat Ramah Lingkungan


Jika kamu sadar akan lingkungan, kamu harus tahu kalau serat Lyocell dan Modal ini ternyata ramah lingkungan, loh. Kok bisa? Karena proses produksi kedua serat TENCEL™ ini terbuat dari kayu alami yang diperoleh secara berkelanjutan melalui proses produksi yang ramah lingkungan dan meminimalkan kerusakan lingkungan. 
TENCEL™ Lyocell terbuat dari kayu Eucaplytus, sedangkan TENCEL™ Modal terbuat dari pohon Beech. Kedua jenis pohon ini dapat tumbuh dengan cepat di hampir semua tempat dan sedikit membutuhkan pestisida dan perawatan lebih. Hal ini, akan mencegah terjadinya penebahan pohon secara berlebih di beberapa tempat. 
Ditambah, proses produksi serat kain ini hanya menggunakan setengah air dari proses pembuatan serat yang berasal dari kapas. Artinya, hal ini dapat mengurangi konsumsi air yang berlebihan pada industri fashion dan industri lainnya, serta Lyocell dan Modal fiber ini sudah bersertifikat Oeko-Tex® yakni bebas dari racun. 
 
Dengan bahan yang terbuat dari organik asli, maka bahan lyocell dan modal fiber ini tidak akan berkontribusi dalam meningkatkan sampah dilingkungan, karena serat kain tersebut mampu terurai secara hayati dan dapat dijadikan kompos untuk lingkungan dan alam sekitar. 
Sebab itu, NATAHABITS memilih serat kain Lyocell dan Modal fiber untuk tetap menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar kita (sustainability Living) serta demi menjaga kenyamanan pengguna di kehidupan sehari-hari.
 
PERBEDAAN ANTARA TENCEL™ LYOCELL DAN MODAL
Dari penjelasan sebelumnya mengenai persamaan antara Lyocell dan Modal fiber. Saat nya sekarang kita membahas mengenai perbedaan dari Lyocell dan Modal fiber. Sempat disinggung sedikit kalau Lyocell berasal dari pohon Eucalyptus dan Modal berasal dari Pohon Beech. Nah, ada beberapa karakteristik dari kedua serat tersebut yang berbeda satu sama lainnya. 

  • Lyocell lebih kuat serat kainnya


Lyocell memiliki ketahanan serta yang lebih kuat dan tahan lama daripada Modal karena melalui proses produksi lenzing dengan teknologi baru dari REFIBRA™ serta sustainable living. Dengan begitu, kamu tidak mudah khawatir ketika baju tidur mu dicuci menggunakan mesin pencuci baju, karena memiliki umur yang lebih panjang sebab tahan sobek dibandingkan dengan Modal. 

  • Lyocell memiliki sifat menyerap lembab


Berbeda dengna Modal, Lyocell merupakan serat yang mampu menyerap kelembapan dengan cepat sehingga tidak akan membiarkan serat kain tersebut menjadi basah atau lembab akibat keringat yang mana akan menimbulkan bakteri serta bau pada kain. 
Dengan sifat menyerap lembap secara cepat, artinya serat kain Lyocell ini mampu memberikan kesejukan terhadap tubuh. Penyebab mengapa kamu merasa panas ketika tidur adalah karena serat kain baju tidur yang kamu gunakan tidak mampu menyerap kelembapan secara maksimal, sehingga keringat yang menempel pada baju tidur mu tidak akan cepat kering dan menyebabkan bau serta gatal akibat bakteri yang tumbuh akibat keringat.
Sementara Modal, serat ini memang kurang menyerap kelembapan secara maksimal, namun sifat serat Modal ini mampu memberikan kelembutan yang maksimal pada kulit kamu dan mampu memberikan warna yang tahan lama atau sifat serat ini tidak mudah luntur.


Oleh karena itu, idealnya kami memproduksi kain yang menggabungkan dua serat kain terbaik ini untuk dijadikan baju tidur agar memberikan manfaat yang maksimal pada tubuhmu serta kualitas tidurmu. NATAHABITS merekomendasikan untuk memilih pakaian dengan menggunakan serat tencel Lyocell dan tencel Modal tersebut sehingga memaksimalkan tidur mu menjadi lebih nyenyak.

Leave a comment