TENCEL™ ADALAH, KARAKTERISTIK TENCEL™ , KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA

Semakin maraknya produk-produk yang terbuat dari TENCEL™ , membuat orang-orang semakin ingin tahu: Apa itu TENCEL™ ? Kain TENCEL™ terbuat dari apa? Karakteristik TENCEL™? Kelebihan dan kekurangan TENCEL™ ? Ya… siapa tidak jatuh cinta dengan TENCEL™? Dikenal karena produksi alami yang memberikan kenyamanan dan sentuhan halus saat digunakan. Eitss… sebelum kita bahas lebih lanjut, Yuk! Pahami dulu pengertian TENCEL™.

APA PENGERTIAN TENCEL™?

TENCEL adalah trade mark atau merk dagang serat yang dibuat oleh LENZING.  
Simpelnya seperti ini:

Nah…!! Sampai sini paham ya?
Kebanyakan orang salah menafsirkan “oh..ini baju TENCEL™ yah?” atau “Sprei ini sprei TENCEL™ yah?” Faktanya tidak ada baju TENCEL™,  sprei  TENCEL™, atau kain TENCEL™. Yang ada baju atau sprei yang terbuat dari TENCEL™ atau produk ini mengandung serat TENCEL™. Karena untuk membuat sebuah kain, membutuhkan proses yang sangat panjang. Tapi singkatnya dapat kalian pelajari bagaimana proses pembuatan serat TENCEL™ sebelum menjadi kain pada ilustrasi dibawah. Perhatikan juga cara penulisan TENCEL™ nya yah 🙂, harus lengkap dengan tanda (™). Karena TENCEL™ adalah merk dagang serat yang dibuat oleh LENZING.


PROSES PEMBUATAN TENCEL™?

TENCEL™ memiliki beberapa ragam jenis produk kain, seperti TENCEL™  LYOCELL dan TENCEL™ MODAL. Nah, saat ini kita akan mempelajari bagaimana sih proses pembuatan kain TENCEL™ ? Proses-Pembuatan-TENCEL-TM/NATAHABITS

Berawal dari serat yang diperoleh dari kayu pilihan, hingga menjadi serbaguna. Pembuatan serat ini diawali dengan pemeriksaan pembudidayaan pohon yang dikelola, yang kemudian batang-batang pohon tersebut dipecah-pecah menjadi kepingan seperti keripik dan di muat dalam tong yang terdapat bahan kimia untuk melembutkan dan melarutkan kepingan kayu tersebut hingga menjadi bubur. Bubur kayu tersebut kemudian dicuci di dalam air untuk selanjutnya di proses pengeringan yang mana akan dibentuk dalam lembaran untuk dipintal menjadi serat selulosa kayu dan menjadi benang dan ditenun menjadi kain. Simpelnya untuk menciptakan sebuah kain, kalian dapat melihat ilustrasi dibawah ini. 

pinterest.com

KARAKTERISTIK PAKAIAN YANG TERBUAT DARI
TENCEL™ ?

Setiap produk pasti memiliki ciri khasnya masing-masing. Berikut beberapa karakteristik paling khas yang menjadikan kain berbahan TENCEL™ mudah kita kenali: 

1. SERAT TENCEL MEMILIKI KARAKTERISTIK YANG SANGAT LEMBUT
Serat TENCEL™ memiliki karakteristik yang sangat lembut karena terbuat dan diproses menggunakan bahan organik sehingga memiliki sentuhan yang sangat lembut dikulit, membuat penggunanya jatuh cinta saat pertama kali menyentuhnya.

2. LENTUR DAN SANGAT NYAMAN DIGUNAKAN
Salah satu ciri khas kain berbahan TENCEL™ adalah tingkat fleksibilitas yang dimiliki kain ini, sehingga sangat lentur dan nyaman saat digunakan.

3. MEMILIKI TAMPILAN MEWAH DAN ELEGAN
Tampilan kain yang terbuat dari TENCEL™ nya pun tidak kalah menarik, kain yang terbuat dari TENCEL™ memiliki kilauan yang indah sehingga tampilan tersebut terlihat sangat mewah dan elegan. 

4. SUSTAINABILITY LIVINGIni nih yang perlu diacungin jempol! Kebanyakan fast fashion saat ini kurang memperhatikan sustainability living atau keberlangsungan lingkungan sekitar. Biasanya pakaian atau barang yang sudah tidak kita gunakan lagi akan menumpuk menjadi sampah yang sulit untuk  terurai. Namun LENZING berupaya untuk mengurangi kontribusi sampah dengan menggunakan bahan organik sebagai bahan dasar serat TENCEL™ .

5. TAHAN LAMA ( AWET ) / LONG LASTING
Kain yang mengandung serat TENCEL™ terbuat dari jumlah pintalan benang yang lebih tinggi dibandingkan serat tekstil lainnya, sehingga membuat kain menjadi lebih awet / tahan lama karena kualitas yang tinggi, dan  dapat dikategorikan ke dalam bahan tekstil dengan kualitas sangat unggul serta pengaplikasiannya yang serbaguna.

6. WARNA YANG TIDAK MUDAH LUNTUR DAN KETAHANAN WARNA YANG CERAH
Dengan teknologi eco color yang dilakukan oleh LENZING untuk memproduksi serat TENCEL™ menjadikan kain yang terbuat dari TENCEL™ tidak mudah luntur saat pencucian dan ketahanan warna pada kain menjadi lebih awet, bahkan setelah pencucian berulang kali. Hal ini dikarena permukaan serat TENCEL™ yang sangat halus, memungkinkan zat pewarna menembus jauh ke dalam struktur serat TENCEL™.

 

KELEBIHAN DARI TENCEL™?

Serat TENCEL™ memiliki banyak kelebihan dan manfaat bagi kesehatan dan bumi. Karena kelebihannya inilah kain berbahan serat TENCEL™ banyak disukai berbagai kalangan. Yuk simak Kelebihan kain yang terbuat dari  TENCEL™ !

1. TERBUAT DARI BAHAN BAKU ALAMI YANG DIKEMBANGKAN SECARA BERKELANJUTAN
Bahan baku yang digunakan untuk memproduksi serat TENCEL™ berasal dari hutan industri bersertifikasi khusus dan menggunakan konsep closed-loop production, yaitu mengubah pulp menjadi serat selulosa, dan dengan mengoptimalisasi sumber daya. Sehingga dalam proses produksi serat TENCEL™ meminimalisir jumlah buangan limbah produksi.

2. DAPAT TERURAI KEMBALI KE ALAM ATAU BIODEGRADABLE
Karena serat TENCEL™ diproduksi dengan bahan-bahan organik, dan menggunakan konsep closed-loop production, kain berbahan TENCEL™ dapat terurai secara alami, bahkan tidak perlu menunggu waktu bertahun-tahun. Serat alami TENCEL™ dapat terurai lagi ke alam hanya dalam kurun waktu 12 minggu dan menjadi kompos. Dengan membeli kain berbahan serat TENCEL™, kita ikut andil berkontribusi mengurangi limbah sampah industri tekstil dan fashion. 

3. SANGAT COCOK UNTUK KULIT SENSITIF
RealTestimony/BajuTidur/Sleepwear/Pajama/NATAHABITS
Kain yang terbuat dari serat TENCEL™ sangat cocok untuk kulit sensitif, bahkan aman digunakan untuk bayi dan ibu hamil karena serat TENCEL™ bersifat hypoallergenic dan microfiber, yang bersertifikat resmi STANDARD 100 by OEKO-TEX®, yakni serat ini terbebas dari bahan kimia berbahaya. LENZING mengupayakan seluruh proses pembuatan serat TENCEL™ untuk tidak menggunakan senyawa kimia yang memicu alergi pada kulit tubuh kita yang sensitif. Selain itu dikarena karakteristik permukaan kain berbahan serat TENCEL™ sangat halus, hal ini juga dapat mengurangi gesekan dan iritasi pada kulit, dan dapat mencegah terjadinya ruam pada kulit.

4. ANTI BAKTERI ATAU ANTI-BACTERIAL
Karena kain berbahan serat TENCEL™ memilliki daya serap kelembapan yang tinggi, hal ini membantu kain secara alami mencegah pertumbuhan kuman, bakteri, dan jamur untuk berkembang biak dan mebuat pemakainya tetap sejuk dan kering, serta dapat mencegah pertumbuhan jerawat yang tidak diinginkan. Dengan begitu seluruh aktivitas kita akan terasa lebih nyaman dan berkualitas.

5. SENSASI SEJUK ATAU DINGIN SAAT DI GUNAKAN (COOLING SENSATION)
Kemampuan serat TENCEL™ yang dapat meningkatkan sirkulasi udara, karena permukaan serat TENCEL™ yang sangat halus dapat menyerap dan melepaskan kelembapan secara efisien sehingga dapat membuat kulit terasa dingin atau sejuk saat digunakan. Tidur terasa sangat nyaman dan terbebas dari keringat.

6. MEMILIKI DAYA SERAP YANG BAIK ATAU HIGHLY BREATHABLE

Terbuat dan diproses menggunakan bahan organik pilihan terbaik, permukaan serat  TENCEL™ yang sangat halus, dan sub-struktur serat TENCEL™ yang memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan lebih cepat dan melepaskan kelembapan secara efisien. Hal ini membuat kain sangat nyaman digunakan dan menjadi salah satu kelebihan kain berbahan serat TENCEL™.

7. KELEMBUTAN YANG TAHAN LAMA
Kemampuan serat TENCEL™ yang dapat meningkatkan sirkulasi udara, dan permukaan serat TENCEL™ yang sangat halus dapat memberikan kelembutan saat digunakan. Sensasi lembut yang menjadi ciri khas kain berbahan serat TENCEL™ dan tingkat durabilitas yang dimiliki serat ini mampu menjaga kualitas pakaian meski bertahun-tahun sudah digunakan. 

8. TENCEL™ ADALAH SERAT YANG SERBAGUNA
Salah satu kelebihan serat TENCEL™ adalah keserbagunaannya. Serat ini cocok dipakai untuk segala hal, mulai dari bahan untuk membuat baju tidur, t-shirt, jeans denim, sprei, gamis, mukena, pakaian olahraga hingga kemeja. Hal ini karena serat TENCEL™ ramah lingkungan dan memiliki fibrilasi yang terkontrol, itu artinya serat TENCEL™ dapat direkayasa untuk membentuk benang yang lebih tebal atu tipis saat dibuat. Sehingga cocok untuk dikombinasikan dengan serat lain.

9. TENCEL™ KUAT SAAT BASAH
Tidak seperti rayon, generasi pertama dari serat selulosa yang diregenerasi, kain berbahan TENCEL™ tetap kuat bahkan ketika basah. Hal ini memberikan keuntungan karena dapat dicuci dengan mesin cuci tanpa perlu khawatir bahannya akan rusak. Tetapi perhatikan beberapa hal jika menggunakan mesin cuci, seperti menggunakan laundry net, pengaturan mesin cuci harus delicate dan beberapa hal lainnya. Pencucian menggunakan tangan tetap akan jauh lebih baik.

 

KEKURANGAN DARI TENCEL™?

TENCEL™ merupakan produk brand ternama yang saat ini yang banyak disukai dan dibutuhkan oleh masyarakat, karena manfaatnya. Namun ada beberapa kekurangannya yang harus kamu ketahui dan pahami apabila kamu ingin membeli kain berbahan TENCEL™.

1. HARGA YANG CENDERUNG MAHAL
“Ada harga, ada kualitas” kalian pasti sudah tak asing lagi dengan kalimat tersebut. Karena pemilihan bahan baku melalui proses yang panjang, peraturan yang super ketat, dan penuh perhitungan agar dapat memberikan hasil terbaik. Kain berbahan serat TENCEL™ memang memiliki harga yang lumayan tinggi. Namun hasilnya memang sangat memuaskan dan sudah menjadi ciri khas kain ini. Ditambah dengan semua manfaat dan keunggulan dari serat TENCEL™ ini memberikan nilai tambahan. Walaupun demikian, untuk merasakan keunggulan dan manfaat dari kain berbahan serat TENCEL™ tidak ada salahnya kamu merogoh kocek lumayan tinggi untuk mendapatkan kenyamanan dengan kualitas yang unggul.

2. MUDAH BERKERUT DAN KUSUT
Kalau kamu orang yang membenci kegiatan menyetrika, pakaian yang terbuat dari TENCEL™ mungkin pilihan yang kurang pas buat kamu. Kain ini merupakan salah satu jenis kain yang mudah berkerut atau kusut. Namun hal ini dapat disiasati dengan langsung melipat pakaian ketika sudah kering, sehingga pakaian tidak menjadi terlalu kusut.

3. MUDAH BRUDUL

Tekstur kain berbahan TENCEL™ yang sangat lembut seperti sutra, sejuk, dan nyaman di kulit, pastinya juga memiliki kekurangan. Jika tidak memperhatikan cara perawatannya, menggunakan kain ini di permukaan kasar, frekuensi penggunaan yang terlalu tinggi, dan gesekan yang terlalu keras pada kain akan membuat tekstur kain ini menjadi berbulu atau brudul, sehingga tekstur kain ini menjadi tidak halus seperti semula. Namun hal ini dapat diatasi dengan memperhatikan cara perawatan kain atau jika sudah terlanjur berbulu atau brudul kalian dapat mengatasinya dengan fabric shaver atau pencukur bulu halus untuk pakaian, sehingga kain kalian akan kembali halus seperti semula. 

4. CARA PENCUCIAN DAN PERAWATAN KHUSUS
“With great power comes great responsibility” pastinya jika kita ingin menikmati begitu banyak manfaat dari kain berbahan TENCEL™, kita juga harus memahami bagaiaman cara pencucian dan perawatan kain ini. Perawatan kain berbahan TENCEL™ sering dikaitkan dengan cara pencucian dan perawatannya yang sulit. Tentunya hal ini membuat beberapa kalangan mempertimbangkan untuk membeli kain ini. Salah satunya adalah ketika mencuci, dianjurkan menggunakan proses dry clean yang akan merogoh kocek lumayan pricey untuk penggunaan sehari-hari. Sangat merepotkan bukan? Namun hal ini dapat kalian atasi dengan mencuci kain menggunakan tangan atau mesin cuci dengan settingan delicate dan menggunakan laundry net, sebelum memasukannya ke dalam mesin cuci dan menggunakan mild detergent.

 

KESIMPULAN

Nah, itu dia Pengertian, Proses Pembuatan, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan kain berbahan TENCEL™ yang perlu kamu ketahui! Sebagai serat kain berkelanjutan, TENCEL™ memiliki banyak kelebihan yang bagus untuk kesehatan kamu dan lingkungan. Terutama jika kamu adalah orang yang memiliki kulit sensitif dan peduli terhadap bumi ini. Pastinya sebuah produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi kekurangan kain berbahan TENCEL™ tidak dapat menandingi kelebihannya kok. 

Jangan ragu untuk menggunakan produk yang berbahan serat TENCEL™! So…kamu tertarik untuk menggunakan baju berbahan TENCEL™? klik disini untuk mendapatkan apa yg kamu mau!    

 

2 comments

Wah iya, pantas saya pakai kain tencel tidak bau. Ternyata salah satu kelebihannya ANTI BAKTERI 😍

Rhina March 29, 2024

Waaahhh, all this while aku kira tencel itu bahan. Ternyata merk dagang yah😆!!! Now i fully understand, GREAT ARTICLE & EXPLANATIONS!

Chandra November 06, 2023

Leave a comment